ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKRTA

Authors

  • Andriyani Widiyastuti

DOI:

https://doi.org/10.62708/ibsesej.v1i1.1

Keywords:

tingkat kepentingan, tingkat kepuasan, analisis Importance-Performance, rumah sakit

Abstract

Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat sebagaimana Undang-undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Pelayanan kesehatan paripurna adalah pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan kuisioner dengan mengambil sebanyak 50 pasien sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik analisis Importance-Performance.
Analisis Importance-Performance terhadap hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Kepuasan pasien dilihat dari keseluruhan tingkat kepentingan mendapatkan rata-rata sebesar 3,6 dan tingkat kepuasan sebesar 3,1. Hasil penelitian ini berada di posisi kuadran B yang bermakna bahwa unsur jasa pokok telah berhasil dilaksanakan oleh RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta, untuk itu wajib dipertahankan. Pelanggan, dalam hal ini pasien menganggap sangat penting dan sangat memuaskan. Prestasi ini wajib dipertahankan dan tetap terus meningkatkan kualitas pelayanan agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Widiyastuti, A. . (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKRTA. IBSE Sharia Economic Journal, 1(1). https://doi.org/10.62708/ibsesej.v1i1.1

Issue

Section

##section.default.title##